Rabu, 21 September 2011

Perhitungan Untung Rugi berkebun emas

Berkebun emas memang sedang ngetop saat ini. Sehingga dimana-mana kita bisa jumpai seminar tentang berkebun emas ini. NAmun sebenarnya bagaimana sih perhitungan dari berkebun emas ini. Apakah selalu menguntungkan ataukah bisa juga rugi…?
Sebelum melanjutkan tentang teknik perhitungan berkebun emas, saya ingin mengingatkan kembali kepada teman-teman semua. Bahwa tidak ada yang namanya investasi itu tanpa resiko. Setiap investasi selalu ada faktor resiko. Jadi bisa dipastikan bahwa berkebun emas pun ada resikonya. Apa saja kelemahan atau resiko berkebun emas…?
Ada 2 hal yang perlu anda perhatikan ketika berniat berkebun emas. Pertama : Prediksi kenaikan harga emas setiap tahun. Kalau kenaikan emas minimal 20 %, maka berkebun emas akan menguntungkan. Namun bila kenaikan emas hanya 10 %, berarti kita rugi. Inipun harus mempertimbangkan biaya titip dan biaya lain-lain yang harus kita keluarkan setiap bulannya.
Saya sudah melakukan perhitungan besarnya biaya titip dan biaya lain-lain dalam sebuah program excel. Sebagai asusmsi kita mau investasi emas sejumlah 1000 gram sekarang. Perhitungannya akan seperti ini :
Beli emas 1000 gram dengan uang muka 10 % di bank syariah. Misalnya harga emas per gram 435 ribu. Maka total harga emas adalah 435 juta. Modal yang kita butuhkan adalah sekitar 10 % jadi kurang lebih 43 juta.
Biaya titip 5200 per gram. Maka total biaya titip selama 1 tahun adalah 62,4 juta. Biaya administrasi 20 ribu tiap 4 bulan. JAdi setahun biaya admin adalah 80 ribu.
Biaya Asuransi 0.3 % dari total harga = 1,3 juta.
Asumsi kenaikan harga emas 20 % setahun. Maka ada margin 87 juta. Setelah dikurangi biaya semuanya keuntungan bersih adalah 23,2 juta. Lumayan kan.
Kalau teman-teman bisa mendapatkan biaya titip lebih murah, maka keuntungan juga akan bertambah. Prediksi kenaikan harga emas sampai tahun 2014 rata-rata 30 %. JAdi tinggal hitung sendiri total keuntungannya.
Demikian tips membeli emas ala berkebun emas yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. Kalau teman-teman butuh perhitungan excel nya silahkan kirim ke email saya, insya Allah akan saya berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar