Rabu, 21 September 2011

Inilah Tips Investasi Emas Batangan Paling Aman

Kenaikan harga emas memang relatip stabil akhir-akhir ini. Bahkan beberapa pakar emas meramalkan bahwa harga emas bisa mencapai 1 juta rupiah per gram dalam jangka 3-4 tahun. Hal ini mendorong orang untuk berburu emas. Karena disamping aman dari inflasi, emas terutama emas batangan memang investasi yang cukup menggiurkan.
Oh ya sebelum saya teruskan menulis tips menabung emas ini, saya akan bercerita sedikit tentang penglaman saya. Beberapa waktu lalu saya pergi ke bank syariah mandiri, rencana sih mau beli emas dengan uang muka 20 %. Eh nggak tahunya bank syariah mandiri sudah tidak melayani pembelian emas batangan lagi. Terpaksa deh niat untuk beli emas yang pakai uang muka ditunda. Mungkin harus pakai strategi lain biar tabungan emas kita bertambah. Entah nantinya beli di pegadaian ataukah langsung beli aja di toko emas yang melayani logammulia. Mudah-mudahan aja bank syariah segera membuka investasi emasnya lagi.
Investasi emas memang selalu menari minat orang. Karena disaat ekonomi tidak stabil, emas menjadi pilihan bagi semua orang. Bahkan pemerintah China menginstruksikan rakyatnya agar segera membeli emas. Namun bukan berarti investasi emas tanpa resiko lho. Karena bila kenaikan harga emas kurang dari 15 %, berarti kita akan rugi. Ini bila kita menggunakan teknik berkebun emas.
Bila teman-teman menginginkan investasi emas yang kecil resikonya, silahkan aja menabung emas. Artinya, setiap kita memiliki dana berapapun asal sudah bisa untuk beli emas batangan…ya beli aja. Setelah itu silahkan simpan di tempat yang aman dan tunggu aja 2 atau 3 tahun lagi. Insya Allah harga emas akan naik. Walaupun kenaikan hanya 10 persen per tahun, teman-teman tetap untung. Karena nggak kena biaya titip bila emas kita gadaikan ke bank syariah. Intinya adalah beli-simpan-jual.
Wah kalau simpan di rumah kan bahaya….gimana tuh kalau disimpan di safety box sebuah bank…? Itu bisa juga. Asal dipertimbangkan harga safetybox nya harus lebih kecil dibandingkan kenaikan harga emas.
Dengar-dengar sih ada kok safety box yang biayanya hanya 250 ribu per tahun. KAlau jumlah emas yang kita simpan minimal 20 gram, berarti kita masih untung kan. Begini hitungannya:
20 gram emas harganya sekitar 8,3 juta untuk harga emas 416 ribu per gram. Misalkan kenaikan hanya 10 % per tahun berarti margin yang kita dapat sekitar 830 ribu. Dikurangi biaya safety box 250 ribu, berarti kita masih untung 600 ribuan. Lumayan kan.
Profit ini akan bertambah bila kenaikan harga emas lebih dari 10 persen.
BAndingkan dengan berkebun emas yang bila kenaikan harga emas kurang dari 20 % akan rugi. YA lebih baik menabung emas seperti ini.
Cuman kita perlu modal dulu di awal. Bedanya bila berkebun emas kita bisa memakai modal bank lebih dahulu.
Demikian tips menabung emas, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar